MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAME TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA

Agus Irawan

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk: (1) meningkatkan aktivitas belajar matematika; (2) meningkatkan hasil belajar matematika. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan di sana, masing-masing lingkaran terdiri dari empat tahap, seperti perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika di kelas XII.IPS pada semester pertama di SMA Bina Mulya Gadingrejo dengan sub pembahasan integral. Berdasarkan hasil penelitian  disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Team Game Turnamen (TGT) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas XII.IPS SMA Bina Mulya Gadingrejo tahun pelajaran 2016/2017.

Kata kunci: pembelajaran kooperatif model permainan tim tipe, kegiatan belajar, hasil belajar.


Full Text:

PDF

DOI:

https://doi.org/10.26638/je.461.2064


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

View My Stats